2,5 Tahun, 125 Posts, 10.000 Hits

Ini adalah data (kira-kira) statistik blog saya. Sulit menemukan apa yang harus dibanggakan dari angka-angka ini, memang. Tapi paling tidak milestone ini sedikit banyak memberi harapan buat saya. Semoga dari 10.000 klik di blog ini pada 125 artikel selama 1,5 tahun ini lebih banyak menghasilkan manfaat ketimbang mudharatnya.

statistik blog per-29 januari 2011

Saya masih lumayan ingat bagaimana blog ini terbentuk. Seperti yang saya ceritakan di sini, kebiasaan menulis saya berawal dari kekhawatiran saya akan terhentinya ilmu sampai di saya saja. Adanya tekanan dari guru sekolah untuk melaporkan materi ta’lim membuat saya kemudian belajar menulis. Kebiasaan menulis ini membawa saya pada gagasan: mengapa nggak bikin blog saja?

Saya kemudian membuka akun blogspot. Nama blognya juga muslimpeduli. Isinya kebanyakan rangkuman materi ta’lim di rohis saya itu. Semakin lama, saya merasa bahwa blog itu kurang menarik tampilannya. Masalahnya, saya nggak melek teknologi.

Tak lama kemudian, menjumpai ketua rohis saya, Indra, yang punya tampilan blog lebih bagus dari milik saya dulu, saya kemudian beralih ke wordpress. Ternyata dashboard wordpress lebih user-friendly. Segeralah blog ini terbentuk. Isinya juga makin lama makin beragam. Akun blogspot itu pun saya tutup.

Selama ini, saya juga sering mengalami kebuntuan menulis. Kemalasan faktor utamanya. Malah pernah sekali waktu saya baru mem-post artikel baru setelah tiga bulan lamanya blog ini terbengkalai. Terlalu banyak artikel yang berbentuk draft daripada yang sudah benar-benar terselesaikan. Dibanding pengampu blog lain semisal Amel, atau Mbak Ziy yang cukup rajin menulis, ini sepertinya bukan catatan yang begitu bagus.

Positifnya, sejak beberapa bulan lalu, ada lebih banyak pengunjung yang terdampar di blog ini melalui search engine. Bukan lagi melalui link yang saya tampilkan di twitter atau facebook. Mungkin bisa diartikan bahwa yang saya tuliskan memang benar dicari oleh mereka yang memerlukan jawaban. Semoga memang demikian yang terjadi.

Bicara tentang milestone, saya senang adik bungsu saya sudah bisa bersikap dewasa seiring usianya. Kebetulan, menurut kalender Gregorian, kemarin dia genap berusia 16 tahun. Tak berselang lama dari hari itu, ia membagi rencana hidupnya, target-targetnya, pada saya. Syukurlah, masukan saya saat liburan kemarin ia pertimbangkan. Tak sia-sia saya terjebak di bus selama 25 jam hanya untuk lima hari tinggal di rumah bersama dia.

Lepas dari itu, saya agak terganggu dengan dugaan bahwa sekolahnya, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, tak menyediakan jam konseling bagi siswa-siswanya. Berbagai bentuk pengaduan yang sifatnya pribadi dan tak terkait kurikulum diserahkan pada musrif asrama. Sebab mungkin inilah salah satu faktor adik saya sempat galau. Sudah duduk di pesantren, tapi masih saja tak fokus dalam belajar. Ia rupanya masih memikirkan kemungkinan lain selain melanjutkan jalur pendidikannya saat ini. Ini kira-kira sama dengan siswa STM bidang mesin yang bercita-cita jadi dokter. Tak mustahil, tapi tentu tak baik dalam sudut pandang perencanaan pendidikan.

Dari obrolan saya dengannya, ia kelihatan belum punya sosok ideal untuk dijadikan benchmark dalam menempuh pendidikan. Saya tahu ada banyak lulusan berkualitas dari sana. Tapi mungkin karena interaksi mereka dengan siswa Mu’allimin masih kurang, jadilah kisah hidup para asatidz itu kurang mengena bagi para siswa.

Tapi sudahlah, saya hanya berharap jalan terbaik baginya. Semoga Allah tetap membimbingnya dalam jalan yang Ia berkahi, dengan segala kemudahan dalam memfaqihkan diri terhadap diin ini.

-RSP-

3 comments
  1. DSM said:

    itu di grafik yg paling tinggi pas postingan apa, Za?

    • reza said:

      kalo nggak 25 desember, ya 27 desember.

  2. faraziyya said:

    reflektif. hehhe 🙂

Tinggalkan Balasan

